Jenis-Jenis Kaos

sablon kaos bekasi

Bahan kaos memiliki berbagai macam jenis. Jenis yang terbaik dan paling bagus adalah kain yang memiliki karakteristik yang baik yaitu dapat menyerap air/keringat dengan baik, halus dan adem di kulit, nyaman di tubuh, tidak mudah luntur, tidak mudah kusut dan tidak mudah kendur meskipun berkali-kali dicuci. Umumnya semakin mahal harganya maka kualitas bahan semakin bagus. Tapi tak sedikit juga ada penjual yang nakal dengan mengelabuhi pelanggan yang masih awam. Oleh karena itu, kami ingin berbagi pengetahuan terkait jenis bahan kaos agar pembaca lebih mengerti dan tidak dikelabuhi oleh penjual yang tidak bertanggung jawab tersebut:
1. Cotton Combat
Bahan cotton combed biasa digunakan untuk kaos distro yang terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2). ada beberapa jenis benang yang digunakan serta setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutannya yaitu 20s, 24s, 30s, 40s. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 40s memiliki ketebalan yang paling tipis.
2. Cotton Cardet
Bahan cotton carded terasa nyaman dipakai karena bahan dasar kain cotton carded adalah serat kapas alami. Jenis bahan cotton carded biasanya dipilih karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah. Kekurangan dari bahan cotton carded ialah memiliki serat yang kurang halus dan rajutan yang kurang rata. Bahan cottotn carded biasa diginakan untuk untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.
3. Polyester
Bahan jenis polyester tidak menyerap keringat karena terbuat dari serat sintetis atau hasil minyak bumi. kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga sangat panas ketika dipakai.
4. TC (Teteron cotton)
seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan katun dan Polyester, salah satunya adalah TC. Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai. harga pun relatif lebih murah.
Bahan TC ialah jenis bahan kaos yang dibuat dari campuran cotton combed 35% dan polyster 65%, bahan kaos jenis TC masih memiliki daya serap namun tidak terlalu tinggi. Bahan TC juga agak panas dibadan. Meski seperti itu kain TC memiliki satu keunngulan yaitu tidak mudah melar susut (shrinkage). Harga bahan teteron cotton juga tidak terlalu mahal.
5. Hyget
Hyget merupakan jenis bahan yang terbuat dari plastik dan tipis. Bahan ini kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Dari segi harga pun sangat murah. Biasanya bahan ini digunakan oleh suatu partai atau organisasi yang ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak
Demikian info dari kami tentang bahan bahan kaos. Semoga pembaca bisa memilih jenis kaos yang cocok dengan sablon kaos lengan panjang, sablon kaos anak maupun sablon kaos anime.  Baca juga artikel kami yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *