Meja Afdruk Sablon

meja-afdruk-sablon

PROSES AFDRUK

Merupakan proses pemindahan gambar dari film ke screen dengan proses photosintesis / penyinaran pada screen yang telah dioles larutan emulsi (larutan yang peka sinar ultraviolet dari lampu neon / sinar matahari langsung)

Pada prosesnya, bagian tertutup hitam tidak mengalami pematangan sehingga luntur saat disiram air, bagian yang tidak tertutup hitam akan mengalami pematangan dan mengeras.
Hasilnya desain akan tercetak pada screen dibagian yang luntur sehingga tinta/cat dapat melewati screen.

Di era sablon dahulu proses sablon menggunakan cahaya Matahari, hanya di perlukan waktu 8 sd 10 detik prosesnya, namun proses ini lambat laun para pelaku sablon banyak meninggalkan. karena kepekaan cahaya matahari tidak konstan, sehinggak hasil afdruk tidak bisa di pastikan keberhasilannya.

selain itu proses dengan energi matahari butuh Insting dan jam terbang yang banyak sehingga proses afdruk menggunakan energi matahari sangat sulit untuk diduplikasikan dan diajarkan secara instan.

Namun kebanyakan sudah banyak menggunakan lampu dan meja AFDRUK seperti contoh di bawah. kepekaan cahayanya konstant . sangat mudah untuk di duplikasikan cara mengafdruk menggunakan meja seperti ini.
investasi yg di butuhkan u meja seperti ini kurang lebih 500 sd 1jt rupiah.
jika kawan kawan punya model lain bisa share disini sebagai sarana belajar bersama

salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *