Master Film Sablon

master-film-sablon

Apa Master Film untuk sablon itu?

Dalam Proses sablon ada istilah AFDRUK.
Afdruk adalah Proses proses pemindahan gambar dari film ke screen dengan proses photosintesis / penyinaran pada screen yang telah dioles larutan emulsi (larutan yang peka sinar ultraviolet dari lampu neon / sinar matahari langsung)

Pada prosesnya, bagian tertutup hitam tidak mengalami pematangan sehingga luntur saat disiram air, bagian yang tidak tertutup hitam akan mengalami pematangan dan mengeras.
Hasilnya desain akan tercetak pada screen dibagian yang luntur sehingga tinta/cat dapat melewati screen..

Maka kita memerlukan Master Film,
Pembuatan Film sablon harus dilakukan dengan software design seperti Corel Draw, Photoshop, Adobe Ilustrator dan sejenisnya.

kenapa harus menggunakan software design?
karena hanya dengan software design kita bisa menentukan ukuran pasti dari film yang kita buat. seperti font atau gambar vector.

hasil design di print bisa dengan menggunakan, HVS, Kalkir maupun Astralon. di eranya dulu kebanyakan menggunakan HVS, lalu HVS di oles oleh minyak goreng agar kertas menjadi TRANSPARAN. namun menggunakan plastik astralon bisa menghasilkan keakuratan gambar lebih baik di bandingkan HVS dan kalkir karena bagian yang tidak tecetak gambar harus dapat dilalui cahaya / penyinaran 100%.
salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *