Cara Sablon Kaos Part 5

sablon murah bekasi

CARA SABLON KAOS PART 5

Sablon Kaos Bekasi – jasa sablon kaos baju bordir murah di Bekasi. Sudah baca materi sebelumnya cara sablon kaos part 4 ? Pasti sudah doong, yuk kita lanjutin lagi belajar cara sablon kaos supaya kita bisa menghasilkan sablon baju murah dari kaos murah.

6. Meja Cetak
Meja cetak adalah tempat dimana bahan yang akan dicetak ditempatkan dalam proses pencetakan sablon. Ada macam-macam model meja cetak,sesuai dengan kebutuhan, biaya serta tempat. Pada dasarnya adalah meja duduk dan meja panjang. Dari kedua macam mejacetak tersebut, terdapat variasi yang merupakan modifikasi/inovasi dari keduanya : ada meja duduk dengan sistemvacuum, mejaduduk sistemrotary, meja panjang miring dan meja panjang datar.
a. Meja duduk adalah model meja cetak yang paling umumkita temui apabila kita mengunjungi tempat-tempat usaha cetak sablon, misalnya dalampembuatan kartu nama, stiker, kaos, dsb. Jika kita berkunjung di sepanjang Jalan Kalibaru Timur di Belakang Statsiun Kereta Senen Jakarta atau di depan Stasiun Kereta Bekasi (exbioskop Parahyangan), kita akan menemui banyak usaha sablon kecil yang menggunakan system meja duduk ini. Modelnya sederhana saja, hanya berupa meja kecil dengan bagian permukaan atas meja terbuat dari bahan kaca serta terdapat catok (semacamcapit yang ber-engsel untuk mengikat screen pada meja) di bagian sisi atas belakang meja. Olehpara pemiliknya, meja duduk ini selain berfungsi sebagai meja cetak, juga dapat difungsikan sebagai meja tembak dengan menambahkan lampu-lampu neon di bagian bawah dalammeja. Ini akan membantu untuk proses ekspose screenapabila hari sedang mendung/hujan atau di malam hari.
Meja duduk cocok digunakan dalam pencetakan kartu nama, undangan, stiker, kain (kaos/baju) atau bahan lain yang disain cetakannya tidak menggunakan penempatan warna-warna yang relatif rumit. Ini dikarenakan dalampencetakan dengan mejaduduk screen berada dalamposisi yang tetap, sehingga bahan yang akan dicetaklah yang lebih banyak disesuaikan posisinya terhadap posisi screen.
Untuk mencetak potongan kain dengan meja duduk, biasanya potongan kain ditempelkan dulu di atas karton yang telah dilapisi dengan lemkhusus (misalnya yang bermerk 3M). Lem ini memiliki daya rekat yang cukup kuat sehingga kain tidak mudah bergeser, tetapi jugatidak mudah kering sehingga kain dapat dengan mudah dilepaskan kembali dari karton. Bahan dasar lemnya pun relatif tidak akan mencemari kain. Dengan bantuan karton yang berlapis lemini pengaturan posisi cetakan akan relatif lebih mudah dibanding menempatkan potongan kain langsung di tas meja cetak. Untuk mencetak kaos jadi dengan meja duduk dapat dilakukan dengan sedikit modifikasi pada meja cetak, yaitu dengan membuat semacambantalan (tatakan) untuk kaos yang akan dicetak

b. Meja Panjang
Disebut dengan istilah meja panjang karena disain meja ini memang berbentuk segi empat memanjang. Lebar meja berkisar antara 80cm hingga 1m atau lebih tergantung kebutuhan. Meja panjang ini dilengkapi dengan rel untuk jalan screen dan running dryer. Pada rel ini dipasang sejumlah nok yang berfungsi sebagai pembatas pergerakan screen atau pembatas penempatan posisi screen. Permukaan meja bisa terbuat dari kayu triplek tebal. Di atas permukaannya bisa ditutup dengan bentangan kain yang direkatkan, kemudian bisa dilapisi dengan semen yang telah dicampur dengan binder agar lapisansemen tidak retak-retak bila telah kering. Tetapi tanpa pelapisan dengan kain dan semen pun tidak menjadi masalah, asalkan permukaan meja bisa dibuat serata dan sehalus mungkin untuk menghindari terjadi kualitas cetak yang kurang bagus karena pengaruh permukaan meja.
Meja panjang ada yang dibuat mendatar serta ada juga yang dibuat miring dengan sudut kemiringan sekitar 60 – 80 derajat.
Untuk memudahkan dalampenempatan bahan cetakan di atas meja, pada permukaan meja dicetak semacam garis-garis skala (ruler) dari bawah ke atas. Garis-garis skala ini dicetak untuk setiap jarak-jarak tertentusesuai dengan jarak penempatan nok (lebih kurang setiap jarak 60 – 80 cm). Terakhir, permukaan meja dilapisi dengan lemkhusus yang dipasaran dikenal dengan istilah lemmeja. Lem ini memiliki daya rekat yang cukup kuat untuk menahan kain agar tidak bergeser, tetapi sekaligus tidak mudah kering sehingga kain nantinya dapat dengan mudah dilepaskan kembali. Jika bekas-bekas serat kain banyak yang menempel pada meja, dapat dibersihkan dengan mencuci meja dengan air dan sabun serta dengan menggunakan ampelas yang sangat halus. Malahan, lem meja yang mulai agak mengering (setelah beberapa minggu) dapat bagus kembali setelah meja kita cuci dengan air. Cek artikel cara sablon kaos lainnya dibawah ini gan.

Sablon Kaos Part 1

Sablon Kaos Part 2

Sablon Kaos Part 3

Sablon Kaos Part 4

Sablon Kaos Part 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *